Pasang Bohlam HID Xenon !

Selamat pagi dan selamat jumpa lagi brotha and sista…

Sepertinya suda setahun kita tidak berjumpa, mari kita buka lembaran baru di dunia yang fana 2012 ini dengan pokok bahasan baru mengenai lampu HID Xenon.

Sedikit cerita mengenai eksperimen ini :

Kira kira setahun yang lalu saya mengganti Bohlam dan reflektor standard Ruby 250cc  karena saya rasa terlalu ‘kriyep-kriyep’ ( bhs.Jepang ) dengan Bohlam GE H4 55/60watt 80% Halogen, sejak saat itu lampu H4 ini terus menemani saya berangkat ‘nyawah’ tiap hari, ke puncak , sukabumi , dan lampung. Nah ketika ‘landing’ di lampung pada Subuh pagi, saya merasakan bahwa lampu H4 55/60 watt saya kalah terang dengan Lampu HID motor brow Toni dari ROC Bogor , sehingga saya memutuskan untuk menabung selama beberapa bulan supaya bisa mencicipi teknologi HID Xenon…

Akhirnya setelah sekitar 6 bulan tidak makan siang dan pijit, saya pesan satu set HID murahan dari internet untuk dipasang pada Ruby saya…

harga HID Xenon ini bermacam2 dengan range 450 s/d 1,5 jeti-an , kebanyakan beda-nya pada kualitas balast , bohlam dan Kabelnya…,kebetulan yang saya beli harganya dibawah harga tadi , hehehehehe 🙂

Ok , sekarang kita bongkar isinya :

Hmmmnn, rupanya saya dapet brg yg agak lumayan , dapat 3 macam Ring Bohlam untuk H4 , H6 dan H7 , ada sekring coloknya 15A ,  ballastnya yg model Slim jadi cukup tipis utk ditaruh dimana saja ( moga2 tahan air ya ). Kabel kabel  relay nya unik pada setiap soketnya , jadi mencegah kemungkinan salah pasang atau terbalik, saya rangkai semuanya…

Saya test dulu lah sebelum dipasang di motor , kebetulan saya punya aki 12V 9Ah yg nganggur… (mumpung garansi 1 bulan )

wedewww ternyata silau juga brow …terpaksa saya tutup kertas sedikit…Setelah saya amati , set HID yang saya terima ini termasuk yang lumayan, dikarenakan bohlam menyala pelan pelan sehingga ballast dan bohlam Xenon menjadi awet ( CMIIW ).

Esok paginya saya bongkar jok dan tangki , sekaligus bersih2 lumpur sisa trip ke Anyer Carita… 🙂

kebetulan saya memang berniat pasang sendiri jadi cari skema pemasangan HID di Internet dan dapat ini  :

sepertinya GUAMPANG Tooooh !, yawis saya pasang sesuai skema saja , kabel nya cukup panjang untuk sampai ke bawah stang ruby  kok…

pasang rangkaian relay dibawah tangki , amankan dengan insulock, rapihkan kabel dibawah segitiga setang dan pasang pada Reflektor dan batok Roadking saya…

Mari menunggu magrib tiba sambil makan Indomie ….

dan kita keluarkan motor…

sepertinya terangnya cukup lumayan untuk menemani saya ke sawah setiap hari ….

saya akan Field tested dan akan saya sampaikan FR nya , sambil  berdoa smoga nda tekor akinya, hehehehe 😀

Selamat mencoba dan GBU !

Note :

Motor saya menggunakan Aki 12V10Ah milik Binter Merzy, lampu rem LED, Lampu cabe LED 9titik pada 2 lampu pendukung depan, Toa Sirene 30watt dan lampu sein standard 🙂

About rockerss07

Motorcycle Anthusiast
This entry was posted in Utak Atik Ruby 250cc. Bookmark the permalink.

10 Responses to Pasang Bohlam HID Xenon !

  1. good posting bro. terus terus terus ….

  2. Arie says:

    Ini Tips yg ajib.. wajib jd koleksi ni..

  3. dhik2gm says:

    jadinya klo rubah ke h4 aja ga cukup ya bro?

  4. rezy says:

    Gan mohon pencerahannya, kalo reflektor lampu depannya ganti pake apa non-OEM (material kaca) yang sesuai, punya referensi dan dapetin dimana seputaran jakarta/bekasi ?? TRIMS

  5. NanDoth says:

    Halo om, mau nanya, untuk kabel yang dari kontroller dengan keterangan ” Original Socket ” itu disambungnya ke mana y? kalo di gambar skema yang atas disambung juga ke aki, apa ke saklar hi/low?
    Makasih sebelumnya om…

  6. djianc says:

    mantabbb bro, gara2 ada bantuan skema dari ente ane sukses pasang tu lampu di motor ane.. 😀

Leave a Reply

