Membersihkan Karburator Ruby V250

Image

Beberapa saat yang lalu , penulis mendokumentasikan cara utak atik karbu Yamaha Virago 250 yg notabene sama persis penyakitnya dengan Ruby V250, yaitu susah start, brebet , sering mati sendiri atau sulit dinyalakan tanpa menarik tuas chooke . Kali ini penulis akan memberikan langkah real dalam membersihkan karbu Ruby step by step :

Bahan yang dibutuhkan :

1. Obeng + dan – berkualitas baik , yang panjang dan kalau bisa ada magnetnya.

2. Karbu Cleaner atau Injector Cleaner, Penulis pakai STP injection Cleaner ( Rp.30rb)

IMG-20140510-07965

3. Cairan Engine Degreaser ( optional )

IMG-20140510-07961

4. Sikat Kuningan yg bentuknya seperti sikat gigi. ( Rp. 10rb dapet 3 )

5. Kuas cat ukuran medium dan bensin sedikit

 

Langkah pengerjaan :

1. Tandai posisi selang bensin , foto bila perlu .Lepas Tangki , buka baut kiri dan kanan, posisikan keran bensin pada reserve, jangan posisi tengah,lepaskan sekrup dudukan keran bensin, lepaskan 2 selang ke arah pompa vacum. Selang orange itu saya pasang supaya bensin yang saya buang tdk kena mesin.Buang bensin yg tersisa di mangkok karbu dengan mengendorkan mur minus didepan selang orange.

ImageImage

2. Lepaskan 4 sekrup (+) pada mangkuk karburator , bila keras coba buka dengan obeng (-), usahkan kepala sekrup jangan sampai rusak. bila sudah terlepas semua copot mangkok karbu pelan2 dan jangan dipaksa , jangan sampai seal karet di mangkok karbu rusak.

ImageImage

 

3.Ternyata pemakaian bensin Import tdk menjadi jaminan tidak adanya endapan di mangkok karbu ya ?, hahahahaha ๐Ÿ˜€ . rendam mangkok karbu yg penuh kerak tadi dengan cairan engine degreaser selama 1 jam. Semprotkan injection cleaner dan semua jalur lubang dengan tekanan tinggi. Apabila kotoran susah hilang gunakan sikat kuningan kecil utk membersihkan kerak . Cek piston yang dibungkus karet itu , pastikan tdk macet dan karetna tdk robek.

ImageImage

 

4.Lepaskan idle jet, lihat bagian lubang tengahnya dan arahkan ke cahaya terang , apabila buntu tdk akan ada cahaya yang terlihat. Tiup untuk memastikan. Taruh di mangkok kecil dan rendam dengan cairan Injection Cleaner. hati2 jangan sampai kena mata karena cairan kimia nya sangat gatal, disarankan pakai sarung tangan plastik. bila sudah direndam, angkat keringkan dan tiup idle jet bolak balik untuk memastikan dan lihat lagi apakah lubangnya sdh terlihat. Seluruh bagian dalam Karburator terutama yang ada pipa kapiler dan lubang kecil juga usahakan disemprot dengan Injection Cleaner, diamkan sebentar dan kemudian diulang sekali lagi hingga bersih.

ImageIMG-20140510-07963

 

5. Pasang kembali semuanya jangan sampai ada yang tertinggal, jangan sampai ada ring kuningan yang tdk terpasang. pasang selang bensin , posisikan keran pada posisi tengah , nyalakan kontak , dan dicoba starter , harus sabar, karena pompa vacum butuh waktu utk menyalurkan bensin dari keran ke karburator. pastikan bensin mengalir ke karbu dengan mengendurkan sekrup dibagian bawah mangkok bensin. apabila bensin sdh keluar , kencangkan kembali. Start bisa dibantu sambil menekan tuas chooke. apabila motor sdh ada tanda2 menyala , jangan segera tarik gas, cukup dibantu chooke dulu, baru kemudian tarik gas.

Motor sudah siap test ditest keliling pada jarak dekat.

Image

 

NOte : Ruby V250 menggunakan Vacum Pump seperti pada Suzuki Jimny untuk menarik bensin pada tangki. Apabila posisi keran pada posisi Reserve tapi mesin tdk hidup, bensin tdk akan mengalir pada karbu. Posisi Vacum Pump ada di bawah sebelah kanan Tangki bensin . ๐Ÿ˜›

Apabila setingan Air to Fuel Ratio karbu anda terlalu miskin , anda bisa cek sekrup ini , kendorkan bila perlu hanya sedikit saja . (default pabrik pada posisi jam 10-4)

IMG-20140510-07964

Skema Karbu Ruby V250

karbuRubyV250

Advertisements

About rockerss07

Motorcycle Anthusiast
This entry was posted in Utak Atik Ruby 250cc and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

2 Responses to Membersihkan Karburator Ruby V250

  1. mau ruby says:

    mau nanya nih bro, kalo ruby v 250 buat dipake harian alias daily use cocok dan kuat nggak? jarak pulang pergi sekitar 60km kondisi jalan padat merayap jadi stop and go gitu bro, kira-kira untuk kondisi jalan seperti itu kuat nggak ruby v 250 di pakai harian? konsumsi bbm nya apa cukup irit (dibanding tiger atau scorpio)? thank’s bro, jawabannya sangat di tunggu lho.

    • rockerss07 says:

      rekor saya ruby utk harian dari serpong ke lapangan banteng harian , 80 – 90 km tiap hari , konsumsi bbm luar kota bisa sampai 27km/liter sedangkan dalam kota antara 21-22 ..

      tapi itu lebih krn jakarta macet hehehehe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s